Cara Sukses Jualan Pulsa Untung Besar Modal Kecil

 

Mengapa artikel ini berjudul Cara Sukses Jualan Pulsa Untung Besar Modal Kecil?.

Apakah jualan pulsa memang peluang usaha yang mudah dan murah, yang bisa dijalankan dengan modal kecil, tapi bisa mendapatkan untung yang besar ?

Jawabannya, Iya benar !

Saat ini, hampir tiap orang dari anak-anak sampai dewasa bahkan orang tua mempunyai telpon genggam, baik untuk sekedar berkomunikas seperti mengirim pesan atau telpon.

Bisa juga untuk hiburan seperti main game, menonton video, dan berinteraksi di media sosial.

Dan belakangan fungsi telpon genggam lebih berkembang lagi dengan beralihnya media suarat kabar dan berita dari media cetak menjadi media online, dan aksesnya tentu lebih mudah dan praktis di telpon genggam.
Fungsi berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah sebagai sarana untuk jual beli, calon pembeli akan mendatangi toko, melihat dan memilih barang dengan hanya membuka telpon genggam.

Keadaan inilah yang menyebabkan kebutuhan kita menjadi bertambah, dari sebelumnya kebutuhan kita adalah sandang, pangan dan papan, sekarang ditambah lagi dengan kebutuhan akan komunikasi dan internet.

Meningkatnya penggunaan telepon genggam ini terutama dengan internetnya, adalah sebuah peluang usaha bagi sebagian orang dan bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis yang akan tetap ada.

Kalau kita jeli dan pintar membaca keadaan ini, maka ide akan muncul untuk menjadikannya sebagai peluang usaha.

Salah satu usaha yang berhubungan adalah jualan pulsa, semakin banyak orang menggunakan telepon genggam dan internet, sudah pasti kebutuhan akan pulsa juga akan semakin meningkat.

Kemudahan yang lain, usaha ini bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun, tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

Berjualan bisa di manapun, di kamar tidur bisa bertransaksi, bahkan ketika di perjalanan sekalipun, entah itu siang atau malam hari.

Karena banyaknya kemudahan dan keuntungan dalam melakukan usaha ini, siapapun bisa melakukannya, sehingga siapapun bisa terjun dalam usaha ini.

Dan tentu saja persaingan juga semakin besar, namun demikian usaha yang satu ini tetap menjanjikan.

“Tapi saya belum mampu menyewa sebuah tempat untuk jualan, gimana dong..?”, tenang, seperti saya bilang bahwa usaha ini tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

Ok, silahkan lanjut bacanya, nanti akan ketemu dengan penjelasan masalah tempat usaha-kita sebut saja konter pulsa.

Jika anda benar-benar ingin terjun dalam usaha ini, sebaiknya mengetahui cara mudah dan cara sukses berjualan pulsa agar usahanya terus berkembang dan semakin besar.

Berikut ini hal-hal yang harus diketahui dan disiapkan sebelum memulai buka usaha :

1. Mental
Mental yang kuat dan tahan banting harus dimiliki oleh pengusaha. Sikap optimis yang kuat dan keberanian dalam mengambil keputusan juga tidak kalah pentingnya.

Dan itu berlaku pada apapun jenis usahanya, dan seberapapun besar kecilnya usaha yang dirintis, pengusaha perlu memiliki hal-hal itu.

Optimis artinya selalu percaya diri dalam menghadapi ketidakpastian, dan keberanian di sini adalah sikap dalam menghadapi resiko kerugian di kemudian hari.

2. Perencanaan Dan Kemampuan Adaptasi

Setiap tindakan dan keputusan kita terkadang terselip kesalahan. Nah di sini perlunya perencanaan.

Memang perencanaan yang matang tidak menghapuskan atau mencegah kesalahan secara total, tapi meminimalisir kesalahan yang ada.

Perencanaan yang terbaikpun terkadang harus kita rubah sesuai kondisi yang dihadapi.

Di sini kemampuan adaptasi juga harus dipunyai oleh seorang pengusaha, sehingga bisa secara fleksibel menyesuaikan dengan keadaan yang berubah-ubah.

3. Mendalami Produk & Konsumen
Karena kita menjalankan usaha berupa jualan pulsa, sudah seharusnya kita kenal lebih dalam tentang produk ini.

Bagaimana proses jual belinya, berapa jenis produk yang akan kita jual, bagaimana para pesaing menjalankan usaha yang sejenis dan sebagainya.

Kita perlu tahu juga, siapa kira-kira yang akan membeli produk ini, dan apa saja hal-hal terbaik yang bisa kita lakukan dalam menjual produk ini, sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

4. Keunikan

Keunikan ini bisa berhubungan dengan cara kita menjualnya, atau berhubungan dengan produk itu sendiri, karena pulsa ini adalah produk yang seragam dalam arti sulit untuk dimodifikasi agar menjadi unik.

Maka keunikan yang bisa kita tonjolkan adalah cara kita menjualnya yang disesuaikan dengan permintaan pasar/konsumen.

Misalnya dalam bertransaksi jual beli pulsa ini kita maksimalkan dengan memberikan pelayanan ekstra, artinya kita berusaha menjadi pemecah masalah dari konsumen yang datang.

Biasanya konsumen ingin menanyakan tentang HP nya yang bermasalah, nah kita usahakan bisa membantu, walaupun hanya sekedar informasi tentang masalah itu.

5. Membangun Jaringan

Kalau dalam bahasa agama, ini disebut silaturrahim, dalam hal ini adalah membangun jaringan dengan siapapun.

Terutama dengan orang-orang yang punya kemampuan khusus yang nantinya bisa mempengaruhi tingkat promosi yang kita lakukan.

Kita tidak perlu untuk malu bertanya, membuka diri dan belajar darinya, yang tidak saja pernah berhasil tapi juga pernah mengalami kegagalan.

6. Trik Menjual
Trik promosi klasik yang tetap berlaku sampai saat ini, adalah promosi mulut ke mulut.

Kalau produk dan pelayanan kita bagus, unik dan beda dengan yang lain, maka otomatis kita sudah mendapat promosi gratis dari pelanggan kita.

Apalagi didukung kemajuan teknologi seperti saat ini, usaha kita semakin terbantu dengan adanya media sosial.

Jadi semakin mudah kita mengenalkan produk dan usaha kita pada calon konsumen kita, dengan kata lain orang-orang akan tahu bahwa kita punya usaha, minimal orang terdekat dengan kita.

Itu adalah hal-hal yang harus diketahui dan dipersiapkan oleh calon pengusaha.

Tapi anda jangan berpikir begini :

“Kok susah banget ya, padahal hanya jual pulsa saja kok!”.

Sebenarnya tidak ada yang susah, ibaratnya begini, misalnya kita berniat mau bepergian dari Jakarta ke Bandung.

Sebelum berangkat kita pasti memikirkan cara agar tiba di bandung, naik kendaraan apa, jam berapa berangkat, dan berapa biaya yang harus dipersiapkan.

Itu adalah perencanaan dan persiapan yang harus dipikirkan, sama seperti buka usaha, ada persiapan yang harus dilakukan walaupun persiapan kecil sekalipun.

Kemudian langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mulai action berjualan pulsa?

Oke..berikut ini bisa disimak :

1. Sediakan Dana

Anda pasti pernah membaca promosi di internet begini: “Ini Dia Bisnis Online Menguntungkan Tanpa Modal”.

Benarkah bisnis itu memang tanpa modal, coba kita lihat, kalau bisnis online, berarti medianya internet, untuk tersambung ke internet harus ada pulsa data, apakah pulsa data ini tidak beli?

“Hei..saya pakai wifi gratis kok, gak perlu modal kan?!.

Baik, sekarang saya tanya, HP untuk internetan itu juga gratis, atau dipinjami oleh teman?, itu juga beli kan?,
Nah modal di sini bisa berbentuk uang atau barang.

Jadi di sini apapun usaha anda, pasti memerlukan modal, karena uang adalah alat yang penting, besar kecilnya adalah relatif tergantung kemampuan si pelaku usaha.

Anda bisa tulis semua peralatan dan sarana yang dibutuhkan, misalnya HP, etalase, kartu perdana, saldo deposit dan sebagainya.

Buatlah daftar barang dan peralatan kemudian jumlahkan, perkiraan saja, asal ada gambaran tentang berapa dana yang akan dikeluarkan.

Dan ini yang penting, sebisa mungkin pakai dana sendiri, karena ini adalah usaha rintisan.

2. Sediakan Tempat

Di pikiran anda pasti terpikir tentang toko atau konter, padahal sebenarnya masalah tempat ini bukan sebuah keharusan.

Karena jual pulsa tidak harus mempunyai sebuah tempat untuk berjualan, kalaupun memang harus, anda bisa memakai teras rumah sendiri.

Dulu saya seorang karyawan di sebuah perusahaan, ketika jam istirahat, saya melayani teman-teman kerja yang kebetulan membutuhkan pulsa.

Yang saya bawa hanya sebuah HP dan saldo pulsanya, Jadi bukan sebuah alasan tidak bisa buka usaha, hanya karena tidak bisa menyewa sebuah tempat.

Tapi kalau anda bisa menyewa tempat, itu lebih bagus dan menjadi sebuah nilai plus.

3.Sediakan Peralatan dan Perlengkapan

Ini diperuntukkan bagi anda yang bisa menyewa tempat berjualan, tentu saja harus mengisi konternya. Anda membutuhkan beberapa alat dan perlengkapan untuk jualan.

Perlengkapan itu bisa berupa etalase untuk memajang kartu perdana dan tentu saja HP bekas/baru untuk alat transaksi pulsa.

Kalau dana yang anda punya memadai, bisa ditambah jualannya dengan HP baru, HP bekas, dan aksesoris HP.

Demikian langkah-langkah untuk memulai berjualan pulsa.

Sekarang kita sampai pada pembahasan “Cara Sukses Berjualan Pulsa Dengan Modal Kecil”, dengan modal seadanya anda sudah bisa berjualan pulsa.

Inilah yang harus dilakukan :

1. Pilih Server Pulsa Yang Handal

Inti dari usaha ini adalah bertransaksi pulsa, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih server pulsa yang handal dan terpercaya.

Jangan sampai memilih server abal-abal, karena kehandalan server ini menentukan seberapa cepat pulsa sampai di HP pelanggan.

Di samping itu, pelayanan yang bagus harus menjadi pertimbangan juga, karena suatu waktu pasti terjadi eror, gangguan atau server down.

Server ini harus memberi solusi atau minimal memberi informasi yang akurat tentang masalah yang ada.

Jadi begitu pentingnya pemilihan server ini, sehingga bisa menentukan maju atau tidaknya usaha yang anda rintis  sejak awal.

2. Hindari Harga Terlalu Mahal

Pelaku usaha di bidang ini sangat banyak, karena usaha ini murah dan mudah, dengan kata lain anda mempunyai banyak pesaing.

Dengan banyaknya pesaing, maka anda harus siap dalam bersaing harga. Karena itu jangan menetapkan harga yang terlalu mahal dan keuntungan yang terlalu banyak.

Kebanyakan pelanggan membandingkan harga satu dengan yang lain, dan tentu mereka memilih harga yang lebih murah.

Tapi jika anda memang mau menetapkan harga yang tinggi, yakinkan pelanggan anda bahwa produk yang anda jual memang bagus, dan pastikan anda memberikan pelayanan yang baik dan bermutu.

Pelayanan yang bermutu ini bisa anda gunakan sebagai sebuah keunggulan dibandingkan pesaing.

Pelanggan akan mengingat usaha anda karena beda dengan yang lain.

3. Berpromosi

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mempromosikan jualan anda. Beritahu teman-teman, saudara-saudara dan orang-orang tedekat, bahwa anda berjualan pulsa.

Di era digital seperti sekarang ini lebih mudah dalam berpromosi, saya yakin di keseharian anda, pasti menggunakan media sosial dalam berinteraksi.

Nah, media sosial ini bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi, semakin banyak orang yang tahu usaha yang anda jalankan, maka jangan kaget pelanggan anda akan semakin banyak.

4. Jangan Biarkan Pelanggan Berhutang

Wah..jahat ya, gak boleh ada yang hutang!, kenapa saya tulis hal ini, karena saya punya pengalaman pahit karena piutang pelanggan.

Sampai saya bangkrut dan tidak bisa berjualan lagi dalam waktu yang lama.

Saat mulai menjalankan usaha jualan pulsa ini, saya bertemu macam-macam pelanggan, di antaranya adalah pelanggan yang hutang, karena dia minta pulsa saat malam hari melalui sms.

Besoknya saat pembayaran, dia mangkir gak bisa bayar hutang, dan itu bukan hanya seorang, beberapa teman kantor kebanyakan begitu, kadang ada yang sampai 1 bulan.

Semua orang tahu, karyawan menerima gaji 1 bulan sekali, jadi bayar hutangnya juga nunggu sebulan, yang jadi korban sebenarnya adalah saya sebagai penjual pulsa.

Jika anda ingin sukses berjualan pulsa ini, jangan biarkan piutang menumpuk, karena anda akan kesulitan menjaga perputaran usaha ini.

Kalaupun anda memberi hutang pada pelanggan, pastikan waktu dan ketepatan membayar mereka tidak terlalu lama, karena ini menyangkut kelangsungan usaha anda.

5.Buatlah Pembukuan

Jangan berpikir, karena usaha kecil, malas melakukan pencatatan, meskipun hanya usaha kecil anda tetap harus melakukan pencatatan/pembukuan.

Melalui pembukuan anda akan mengetahui keuntungan serta kerugian yang anda alami. Mengetahui produk mana yang laku cepat, sehingga anda bisa menambah stok barang di produk tersebut.

Anda juga memiliki data lengkap mengenai transaksi setiap hari, kalau terjadi keterlambatan atau pulsa tidak masuk ke pelanggan, anda bisa mengisi ulang pulsa itu dengan melihat data transaksi yang tercatat.

 

Keuntungan tiap transaksi pulsa rata-rata 1.300 rupiah, karena modal kecil, saya batasi nominal penjualan pulsa.

Saya tidak melayani pembelian pulsa di atas nominal 20.000, tapi  pulsa nominal 5.000, 10.000 dan 20.000. kenapa?.

Karena keuntungan antara pulsa 5.000 dengan pulsa 50.000 hampir sama, sekita 1.300 rupiah.

Contohnya begini :
Modal 100.000 (seratus ribu), bisa menjual pulsa 5.000 (lima ribu) sebanyak 20 kali transaksi.
Keuntungan yang didapat 1.300 rupiah x 20 transaksi = 26.000 (dua puluh enam ribu)

Bandingkan dengan ini :
Modal 100.000 (seratus ribu), menjual pulsa 50.000 (lima puluh ribu) hanyak sebanyak 2 kali transaksi.
Keuntungan yang didapat 1.300 rupiah x 2 transaski = 2.600 (dua ribu enam ratus)

Jadi saya lebih suka menjual pulsa nominal yang lebih kecil, daripada nominal yang besar, semakin kecil nominal terjual, maka semakin banyak keuntungan yang didapat dengan modal yang sama.

Berikut ini sekedar hitung-hitungan kasar, yang merupakan pengalaman saya berjualan pulsa tanpa konter saat menjadi karyawan beberapa tahun yang lalu.

Modal awal : 300.000, sehari bisa menjual pulsa sebanyak antara 25-30 transaksi.

nominal 5.000  = 10 transaksi, keuntungan 1.300 x 10 = 13.000

nominal 10.000 = 10 transaksi, keuntungan 1.300 x 10 = 13.000

nominal 20.000 = 5  transaksi, keuntungan 1.300 x 5  =  6.500

total        = 32.500 sehari

keuntungan selama sebulan  32.500 x 30 hari = 975.000 rupiah

Lumayan untuk tambahan penghasilan, itupun pembelinya orang-orang terdekat, seperti saudara dan teman.

Kalau promosinya lebih ditingkatkan lagi, maka transaksi juga akan meningkat, dan tentu saja diiringi dengan meningkatnya keuntungan.

Tapi yang saya lakukan saat itu, keuntungan tiap harinya tidak saya ambil, tapi saya masukkan lagi menjadi modal tambahan.

Setelah hampir setahun lamanya, modal awal 300.000 menjadi hampir 4.000.000, karena modal terus bertambah, pelanggan juga bertambah.

Satu hal lagi, hitung-hitungan keuntungan penjualan pulsa di atas hanya untuk pulsa biasa, saat ini jenis pulsa semakin berkembang.

Ada pulsa biasa dan pulsa internet, dan untuk jenis yang terakhir ini, keuntungannya lebih besar, lain kali akan saya tulis juga artikel mengenai pulsa internet ini.

Artikel tentang Cara Sukses Jualan Pulsa Untung Besar Modal Kecil ini saya tulis, sebagian berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Kalau menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan di-share, terima kasih.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *