Cara Mudah Mendapat Uang Tambahan

“Dikontrakkan, hubungi nomor HP..bla..bla..bla” Spanduk dengan tulisan besar di pinggir jalan itu membuat saya menghentikan kendaraan. Itu terjadi beberapa waktu yang lalu, saat lewat di Jalan Baru, lokasinya masih sepi, terlihat banyak tanah kosong bekas sawah yang tampak tak tergarap, atau sengaja tidak digarap.

Kenapa saya bilang tak tergarap, iya..karena memang tanah itu tidak produktif dalam arti tidak ditanami oleh pemiliknya, tidak jelas alasan pasti kenapa hal itu terjadi, menurut perkiraan saya, usaha pertanian sawah saat ini tidak memberikan imbal hasil yang memuaskan, karena itu pemilik sawah tidak menanaminya, karena merasa buang waktu, tenaga dan biaya, sedangkan hasil yang diperoleh tidak sepadan, “mengontrakkan” adalah jalan yang tepat untuk dilakukan, saya ulangi itu perkiraan saya, bisa saja itu salah.

But it’s not the point..

Terus apa poin dari tulisan ini..

Begini..sesuai dengan tema blog ini, info tentang uang dan bisnis, jadi yang saya soroti dari tempat itu adalah tulisan “Dikontrakkan”, dan itu berarti uang!.
Duuh..Maksudnya gimana seh..

Bagi saya yang sering bergelut dengan dunia dagang dan jual beli, segala sesuatu yang kita lihat, dengar dan lalui terkadang bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan, meskipun hanya penghasilan tambahan. Tapi itu sudah cukup untuk meletupkan sensitivitas hati ini dalam hal menjemput rizki.

Demi melihat tulisan itu, langsung terpikir untuk mendapatkan uang, iya.. dengan menjadi makelar atau perantara.

Tanpa berpikir panjang, saya langsung keluarkan hp dari saku, kemudian menghubungi nomor yang ada di spanduk itu.
Di ujung sana ada suara pemilik tanah, kemudian saya tanyakan hal-hal penting tentang tanah itu,

1.Bagaimana sistem sewanya

2.Berapa harga sewa pertahunnya

3.Berapa luas tanah yang disewakan

4.Bagaimana status tanahnya, apakah menjadi obyek sengketa.

5.Siapa dan bagaimana pembuatan akte perjanjiannya, dan yang terpenting saya tanyakan,

6.Berapa komisi yang saya dapat, kalau bisa mengajak orang untuk menyewa.

Setelah beberapa waktu bicara, si pemilik tanah mengatakan akan memberikan komisi sebesar 5 % dari harga sewa dikali masa waktu sewa.

Dan kerennya lagi saya boleh menaikkan harga sewanya asal masih wajar dan sesuai standar harga sewa di daerah itu.

Langkah-langkah berikutnya yang saya lakukan agar keinginan dan target untuk mendapat uang tercapai, bisa diurutkan sebagai berikut :

1. Mencari Calon Pembeli
Biasanya saya datangi teman-teman atau orang yang saya kenal, datang langsung atau melalui telpon, apakah ada yang sedang mencari tanah sewa.

Saat ini tempat yang paling gampang untuk mencari calon pembeli adalah di internet, masuk ke forum atau grup  yang berkaitan, tawarkan langsung di medsos atau toko online semacam OLX.

Bisa juga di iklan baris, banyak cara promosi di internet. Di kesempatan lain saya tulis cara-cara promosi barang di internet dalam artikel tersendiri.

2. Mengajak calon penyewa untuk melihat lokasi (kalau si calon penyewa memintanya), tapi kalau orang luar daerah kita bisa mengirim gambar dan denah lokasi melalui HP atau internet.

3. Melakukan transaksi, bila calon pembeli sudah setuju, bisa dengan kita atau kita pertemukan dengan si pemilik tanah.

4. Biasanya atas persetujuan kedua pihak, bersama-sama pergi ke notaris untuk pembuatan akte perjanjiannya.

5. Nah ini yang terpenting, menerima komisi.

Langkah-langkah di atas adalah pengalaman yang pernah saya lakukan menjadi makelar atau perantara, mungkin urutannya bisa berbeda bagi orang lain, tapi intinya sama.

Tanah itu luas sekali, sebagian dibuat kavling perpetak, dan sebagian lagi disewakan per are.

Saya membawa penyewa dan berhasil sampai transaksi sebanyak 4 orang, total komisi yang saya dapat adalah 52 juta dalam 2 bulan, lumayan untuk penghasilan tambahan.

Jadi apapun yang ada di sekitar kita, itu adalah peluang, kejadian di sekeliling kita, sesuatu yang kita lihat dan dengar bisa menjadi uang.

Kita harus sering mengasah kepekaan dalam menangkap peluang yang ada di sekitar kita.

Sehingga suatu saat anda merasa, ternyata memang mudah untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Sekian dulu.

Saya persilahkan bagi teman-teman yang ingin share pengalamannya di kolom komentar.

 

Tags:,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *